Rabu, 30 April 2014

EVOLUSI

EVOLUSI
1.Pengertian evolusi
Evolusi (dalam kajian biologi) berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama: variasi, reproduksi, dan seleksi. Sifat-sifat yang menjadi dasar evolusi ini dibawa oleh gen yang diwariskan kepada keturunan suatu makhluk hidup dan menjadi bervariasi dalam suatu populasi. Ketika organisme bereproduksi, keturunannya akan mempunyai sifat-sifat yang baru. Sifat baru dapat diperoleh dari perubahan gen akibat mutasi ataupun transfer gen antar populasi dan antar spesies. Pada spesies yang bereproduksi secara seksual, kombinasi gen yang baru juga dihasilkan oleh rekombinasi genetika, yang dapat meningkatkan variasi antara organisme. Evolusi terjadi ketika perbedaan-perbedaan terwariskan ini menjadi lebih umum atau langka dalam suatu populasi.
Evolusi didorong oleh dua mekanisme utama, yaitu seleksi alam dan hanyutan genetik. Seleksi alam merupakan sebuah proses yang menyebabkan sifat terwaris yang berguna untuk keberlangsungan hidup dan reproduksi organisme menjadi lebih umum dalam suatu populasi - dan sebaliknya, sifat yang merugikan menjadi lebih berkurang. Hal ini terjadi karena individu dengan sifat-sifat yang menguntungkan lebih berpeluang besar bereproduksi, sehingga lebih banyak individu pada generasi selanjutnya yang mewarisi sifat-sifat yang menguntungkan ini.[1][2] Setelah beberapa generasi, adaptasi terjadi melalui kombinasi perubahan kecil sifat yang terjadi secara terus menerus dan acak ini dengan seleksi alam.[3] Sementara itu, hanyutan genetik (Bahasa Inggris: Genetic Drift) merupakan sebuah proses bebas yang menghasilkan perubahan acak pada frekuensi sifat suatu populasi. Hanyutan genetik dihasilkan oleh probabilitas apakah suatu sifat akan diwariskan ketika suatu individu bertahan hidup dan bereproduksi.
2.Perubahan pada Makhluk Hidup
a.Arti Pertumbuhan
Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh. Coba kamu perhatikan induk ayam dan anaknya. Ayam berkembang biak dengan bertelur. Telur ayam akan menetas menjadi anak ayam. Anak ayam bentuknya mirip dengan induknya. Namun, ukurannya lebih kecil. Anak ayam memiliki bulu yang masih halus. Anak ayam akan tumbuh menjadi ayam dewasa.
b. Pertumbuhan Tumbuhan
Sebagian besar tumbuhan tumbuh dari biji. Biji yang ditanam akan tumbuh menjadi kecambah. Lama-kelamaan akan menjadi lebih besar. Selain itu, akan tumbuh batang yang tinggi dan besar. Pucuk-pucuk ranting akan tumbuh. Daun juga tumbuh menjadi rimbun. Setelah dewasa, akan muncul bunga, kemudian menjadi buah. Buah pun siap menghasilkan biji.
Tumbuhan hijau dapat menghasilkan makanan sendiri. Dengan akarnya, tumbuhan akan menyerap zat-zat hara dan air. Unsur tersebut diperlukan agar tumbuhan tumbuh lebih subur. Setelah dewasa, pada tumbuhan akan tumbuh kuncup bunga. Kuncup bunga akan mekar menjadi bunga. Bunga selanjutnya akan menjadi bakal buah.
Faktor-faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
a.Pengaruh Kesehatan
Adakah temanmu yang hari ini tidak masuk sekolah karena sakit? Orang yang sedang sakit akan malas melakukan kegiatan apapun. Orang sakit akan malas untuk makan karena lidahnya terasa pahit. Berbeda dengan orang yang sehat. Tahukah kamu, kesehatan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia. Jika sakit, kita menjadi malas makan. Tentu saja hal ini dapat menghambat pertumbuhan. Oleh karena tubuh tidak mendapatkan energi dari makanan. Tubuh akan menjadi lemas dan lamban untuk bergerak. Oleh karena itu, jagalah selalu kesehatanmu.
b. Pengaruh Makanan Bergizi Seimbang
Manusia makan untuk mendapatkan energi. Dengan energi, kita dapat melakukan semua kegiatan. Makanan diperlukan untuk tumbuh menjadi lebih tinggi dan besar. Selain itu, makanan juga diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja makanan yang kamu makan setiap hari? Makanan ada yang berasal dari tumbuhan dan hewan. Makanan dari tumbuhan dibedakan menjadi sayuran, buah, umbi, dan biji-bijian. Makanan yang berasal dari hewan digunakan sebagai lauk pauk.
Pengaruh Istirahat, Rekreasi, dan Olahraga
a. Manfaat istirahat
Pernahkah kamu merasakan tidak tidur selama satu hari? Jika tidak tidur, keesokan paginya tubuh kita akan lemah. Hal ini membuat kita malas melakukan kegiatan. Tubuh kita bukanlah robot yang dapat bekerja terusmenerus. Semua kegiatan yang kita lakukan akan menguras tenaga. Oleh karena itu, kita memerlukan istirahat. Gunanya untuk memulihkan tenaga kita agar tetap sehat. Tubuh kita akan merasa segar setelah beristirahat. Orang yang tidur semalaman akan sehat. Anak-anak dalam masa pertumbuhan memerlukan tidur yang cukup. Istirahat sangat memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan manusia.
b. Manfaat rekreasi
Rekreasi dapat menghilangkan kebosanan dari kegiatan sehari-hari. Kita tidak harus membutuhkan biaya mahal untuk berekreasi. Kita dapat memancing di sungai, berrekreasi ke pantai Ataupun bermain di taman hiburan.
c. Manfaat olahraga
Dengan berolahraga tubuh kita menjadi sehat. Berolahraga akan membuat aliran darah lancar. Otototot tubuh pun menjadi lentur, padat, dan kuat. Akibatnya, tubuh pun menjadi kuat dan sehat. Olahraga harus dilakukan sesuai kemampuan. Anak-anak tidak boleh berolahraga terlalu berat. Hal ini dapat menyebabkan cidera. Olahraga juga dapat menyehatkan jiwa. Senam, lari, basket, dan renang merupakan contoh olahraga.
Seleksi alam yang dimaksud dalam teori evolusi adalah teori bahwa makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya lama kelamaan akan punah. Yang tertinggal hanyalah mereka yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Dan sesama makhluk hidup akan saling bersaing untuk mempertahankan hidupnya.
3.Seleksi alam dan contohnya
Kasus khusus seleksi alam adalah seleksi seksual, yang merupakanseleksi untuk sifat-sifat yang meningkatkan keberhasilanperkawinan dengan meningkatkan daya tarik suatuorganisme. Sifat-sifat yang berevolusi melalui seleksi seksualutamanya terdapat pada pejantan beberapa spesies hewan.Walaupun sifat ini dapat menurunkan keberlangsungan hidupindividu jantan tersebut (misalnya pada tanduk rusa yangbesar dan warna yang cerah dapat menarik predator).Ketidakuntungan keberlangsungan hidup ini diseimbangkanoleh keberhasilan reproduksi yang lebih tinggi pada pejantan.

Contoh organisme yang punah karena seleksi alam adalah dinosaurus. Beberapa teori berusaha menjelaskan punahnya dinosaurus. Salah satunya menyebutkan bahwa dinosaurus punah karena jutaan tahun yang lalu sebuah meteormenabrak bumi. Tabrakan itu menimbulkan ledakan hebat yang mengakibatkan terlepasnya sejumlah besar debu keatmoster. Debu tersebut menghalangi sinar matahari sehingga tumbuhan hijau tidak dapat melakukan fotosintesis.Akibatnya, banyak tumbuhan mati. Dinosaurus yang herbivore tidak mendapatkan makanan dan mati. Dinosaurus pemakan daging yang tidak mendapat mangsa akhirnya punah.

Contoh seleksi alam lain misalnya yang terjadi pada ngengat biston betularia. Ngengat biston betularia putih sebelum terjadinya revolusi industri jumlahnya lebih banyak daripada ngengat biston betularia hitam. Namun setelah terjadinya revolusiindustri, jumlah ngengat biston betularia putih lebih sedikitdaripada ngengat biston betularia hitam. Ini terjadi karena ketidakmampuan ngengat biston betularia putih untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Pada saatsebelum terjadinya revolusi di Inggris, udara di Inggris masihbebas dari asap industri, sehingga populasi ngengat bistonbetularia hitam menurun karena tidak dapat beradaptsidengan lingkungannya. namun setelah revolusi industri,udara di Inggris menjadi gelap oleh asap dan debu industri,sehingga populasi ngengat biston betularia putih menurunkarena tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan,akibatnya mudah ditangkap oleh pemangsanya.

Kasus khusus seleksi alam adalah seleksi seksual, yang merupakanseleksi untuk sifat-sifat yang meningkatkan keberhasilanperkawinan dengan meningkatkan daya tarik suatuorganisme. Sifat-sifat yang berevolusi melalui seleksi seksualutamanya terdapat pada pejantan beberapa spesies hewan.Walaupun sifat ini dapat menurunkan keberlangsungan hidupindividu jantan tersebut (misalnya pada tanduk rusa yangbesar dan warna yang cerah dapat menarik predator).Ketidakuntungan keberlangsungan hidup ini diseimbangkanoleh keberhasilan reproduksi yang lebih tinggi pada pejantan.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Evolusi
http://muvihanwarsani.wordpress.com/materi/pemberlajaran-ipa-kelas-3-sd/bab-2-perubahan-pada-makhluk-hidup/
http://ekosmax.wordpress.com/2011/07/27/geografi-kehidupan-di-bumi-dan-manusia-sebagai-salah-satu-makhluk-penghuninya/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar