Rabu, 27 November 2013

BAB 1 ILMU SOSIAL DASAR Sebagai salah satu MKDU

BAB 1 ILMU SOSIAL DASAR Sebagai salah satu MKDU
1.1 Pengertian dasar,tujuan,ISD dan IPS
1.1.1 Pengertian ISD
Ilmu sosial dasar (ISD) adalah ilmu pengetahuan yang menelaah sosial yang timbul dan berkemabang yang di wujudkan oleh warga indonesia dengan menggunakan pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengatahuan keahlian dalam ilmu pengetahuan sosial.ilmu sosial dasar merupakan disiplin ilmu,karena ilmmu sosial dasar tidak memppunyai objek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
1.1.2 Tujuan ISD
• Memahami adanya kenyataan dan masalah-masalah sosial
• Membantu mengembangkan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa
• Merupakan suatu usaha yang di harapkan memberikan pengetahuan umum dan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala – gejala sosial
• Peka terhadap masalah sosial dan tanggap untuk menanggulanginya
• Menyadari bahwa setiap masalah sosial termasuk sifat kompleks
• memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
1.1.3 Tiga kelompok ilmu pengetahuan
Kelompok ilmu pengetahuan pada dasar nya di kelompokan menjadi 3 bagian,yaitu
• Ilmu pengetahuan alam,yaitu ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala yang terjadi di alam semesta,feenomena,secara lebih filosofis.dan objek nya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dam umum.
• Ilmu pengetahuan sosial,yaitu disiplin ilmu yang mempelajari aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya,jadi ilmu pengetahuan sosial sangat erat hubungan nya dengan ilmu sosial dasar karena sama-sama menelaah hubungan sosial.ilmu pengetahuan juga mempunyai spesifik ilmu pengetahuan yaitu Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).
• Ilmu pengetahuan budaya,yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kebudayaan dari berbagai daerah dan ciri khas sesuatu yang mempunyai keindahan, ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya.
Kategori ilmu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan budaya diantaranya Teologi, Filsafat,Hukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, Psikologi.
1.2 ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
ISD dan IPS mempunyai hubungan,maka dari itu keduan ilmu tersebut mempunyai perbedaan dan persamaan.
1.2.1 Perbedaaan diantaranya :
• Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
• Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
1.2.2 Persamaan diantaranya :
• Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
• merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
• Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial
1.3 RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR
Ilmu sosial dasar mempunyai 2 bagian penting atau utama yaitu manusia/masyarakat dan studi lembag lembaga sosial.yang terutama dari psikkologi,sosiolagi,dan antropologi.sedangkan ynag lain terdiri dari ekonomi dan politik.
ISD pasti mempunyai masalah-masalah sosial,untuk dapat menelaah masalah-masalah tersebut hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan kenyataa sosial dan memahami konsep tersebut.sehingga ISD bisa di kategorikan menjadi 3 yaitu :
• Kebenaran-kebenaran sosial sering di tanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial karena adanya perbedaanlatar belakang disiplin ilmu
• Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan¬kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial.Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep “keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”.
• Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Sumber :
 seri diktat kuliah MKDU ilmu sosial dasar universitas gunadarma
Drs. Sunaryo, M.Kes. 2004. Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: Penerbit EGC
 http://pakguruonline.pendidikan.net/buku_tua_pakguru_dasar_kpdd_12.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar